Renungan hari Rabu, 29 April 2020

Selamat sore sedulur semuanya. SALAM SEHAT. Hari ini Rabu pekan 3 Paskah. Selamat berpesta bersama St. Catharina dari Siena, doktor dan wanita Kudus, (buka Google ya, untuk sejarahnya). JanjiMU yang kunantikan.

Masih ingat lagi “kau yang mulai kau yang mengakhiri, kau Yang berjanji kau yang menginhkari,….”? Itulah janji2 manusia yang kadang kosong dan terlupakan. Namun akan sangat berbeda dengan janji Allah. Hal ini tampak dalam kehidupan jemaat Kristen perdana. Meski dalam badai dan gelombang penganiayaan yang hebat kristianitas awal malah berkembang. Para rasul tetap di Yerusalem melanjutkan karya misi Kristus dan jemaat yang lain melarikan diri namun ditempat yang baru mereka mewartakan kebangkitan Kristus. Saulus yang menjadi saksi penganiayaan Stefanus semakin gila dalam penghancuran kekristenan awal. Namun sungguh yang luar biasa mereka tidak merasakan kegentaran ataupun ketakutan, karena mereka berpegang akan apa yang menjadi SabdaNYA “Barangsiapa yang dipercayakan Bapa kepadaKU mereka tidak akan Aku buang, tetapi kuselamatkan pada akhir zama, karena Aku datang bukan untuk melakukan kehendakKU, tetapi kehendak DIA yang mengutus Aku yaitu supaya mereka yang percaya mendapatkan kebangkitan”.

Lur sungguhkah Aku menyadari janji Tuhan dalam hidupku? Pernahkah kita/aku berjanji kepada Tuhan namun belum/lupa melaksanakannya? Tuhan tidak pernah melupakan janjiNYA, dan akan selalu menepatinya, namun kuncinya satu yaitu bahwa kita beriman/PERCAYA. Mungkin saat ini sebagian dari antara kita/saudara kita/tetangga kita mulai masuk masa2 sulit, sejauh mana kita menaruh kepercayaan kita pada Tuhan/dengan tetap tekun melaksanakan bagian kita? Sering tanpa kita sadari dalam kesulitan kita justru berontak dan menjauh dari Allah, padahal justru di saat itulah seharusnya suaraNYA semakin jelas. Tuhan berilah aku kemampuan dan keberanian untuk tetap setia akan janjiMU. BERKAH DALEM.

 

Renungan oleh RP. Sambodo, SS.CC.