Krisma

Krisma

“Krisma adalah sakramen yang melengkapi Pembaptisan; di dalamnya karunia Roh Kudus diberikan kepada kita. Dalam Sakramen Krisma, jiwa seorang Kristen yang telah dibaptis tercetak dengan segel permanen yang dapat diterima hanya sekali dan tanda ini menjadikan si penerima sebagai seorang Kristen yang paripurna. Karunia Roh Kudus adalah kekuatan dari atas di mana individu ini menempatkan rahmat Pembaptisan ke dalam praktek melalui hidupnya dan bertindak sebagai “saksi Kristus” – YOUCAT # 203 & 205

Kelas Persiapan Penerimaan Krisma (Sakramen Penguatan) hanya diadakan setahun sekali selama 8 kali pertemuan termasuk Pengakuan Dosa. Kelas ini dilakukan di hari Minggu pukul 13.00 (pada jam yang sama dengan kelas katekumen – hanya berbeda kelas) di salah satu ruangan di Gereja St. Bernadette, biasanya dimulai awal Juni sampai awal Agustus.

Semangat evangelisasi baru yang selalu dikumandangkan oleh Gereja Katolik sedunia lewat Bapa Paus Fransiskus dan Uskup William Goh mengundang para pelaku yang terlibat di kelas katekumen atau krisma maupun baptis bayi, untuk bukan hanya mempelajari iman katolik secara intelektual tapi juga diharapkan, mereka juga mengalami perjumpaan nyata dengan Yesus selama proses pelajaran berlangsung.

Kelas Krisma Indonesia periode 2020 akan dimulai pada:
Hari/Tgl: Minggu, 28 Juni 2020.
Waktu: 13.00 – selesai.
Tempat: Classroom 2, Lantai 3, Gereja St. Bernadette, 12 Zion Rd, Singapore.
Kelas akan berakhir sampai menerima Sakramen Krisma di hari Minggu, 23 Agustus 2020.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

  1. Nama Krisma
    Jika Anda mau menambahkan nama Krisma bersama dengan nama Baptis Anda, maka nama ini harus diambil dari nama Santo/a Katolik. Anda bisa mencarinya di http://www.catholic.org/saints/stindex.php. Akan tetapi, Anda juga diperbolehkan untuk hanya memakai nama Baptis saja (tanpa menambah nama Krisma).
  2. Fotocopy surat Baptis
    Jika di dalam surat baptis tersebut tidak ada alamat gereja tempat dimana Anda dibaptis, maka Anda perlu mencari tahu di mana alamat beserta kode posnya. Alamat gereja ini diperlukan untuk keperluan surat-menyurat antara pihak Gereja St. Bernadette dengan Gereja tempat Anda dibaptis.
  3. God-mother / God-father
    God-parent yang Anda pilih harus sudah mendapatkan Sakramen Krisma dan umurnya lebih tua dari Anda. God-parent yang dipilih TIDAK BOLEH saudara kandung, ibu, ayah, suami, atau pacar.
  4. Fotocopy Surat Baptis God-parent
    Di dalam surat Baptis God-parent Anda perlu ada tertulis “telah menerima Sakramen Krisma (Confirmation)”. Biasanya, tempat dan tanggal penerimaan Krisma God-parent akan dicantumkan. Apabila God-parent mempunyai Surat Krisma yang terpisah, surat tersebut perlu difotocopy juga.
  5. Fotocopy surat nikah di gereja Katolik (jika Anda telah menikah)
    Selain itu, Anda wajib memberitahu apabila Anda telah menikah tapi tidak/belum di dalam pernikahan gereja Katolik.
  6. Formulir Krisma disini.

Catatan: Anda wajib sudah berumur 16 tahun pada saat penerimaan Sakramen Krisma.

Bagi yang ingin bergabung dengan kami, entah sebagai peserta, sponsor, tenaga admin / pengajar untuk kelas krisma, silakan menghubungi hotline KKIS melalui Whatsapp.