Renungan hari Jumat, 1 Mei 2020

Selamat siang sedulur semuanya. SALAM SEHAT. Hari ini Jumat pekan 3 Paskah. Peringatan tidak wajib St. Joseph pekerja, Jumat pertama dalam bulan serta hari pertama bulan Mei (bulan Maria). Percaya saja.

Dalam bacaan pertama hari ini kembali Saulus yang telah mendapatkan surat kuasa untuk menganiaya jemaat Kristen perdana, mulai beraksi, namun sebelum aksinya meluas sampai Damaskus, Saulus telah dihentikan oleh Kristus sang Roti hidup itu sendiri. Berita keganasan Saulus sudah sampai dimana2, namun justru oleh Yesus, ia akan dipakai sebagai pewarta dan ia akan mengalami penderitaan serta penganiayaan seperti Yesus sendiri. Ananias yang diminta oleh Yesus untuk menolong sempat takut, karena reputasi jahat Saulus. Namun karena percaya, maka Ananias menjemput, melindungi dan membaptis Saulus, ya dari seorang pengejar menjadi pengajar.

Lur masihkah kita bisa merasakan dan memaknai apa yang Injil katakan hari ini? Setelah sekian lama tidak merayakan Ekaristi langsung hanya OL, komuni juga spiritual apa makna Ekaristi OL bagiku dan sejauh mana imanku akan perkataan Yesus “Akulah Roti Hidup”? Kalau Saulus mampu dirubah oleh cahaya menyilaukan apakah aku percaya bahwa aku masih memiliki harapan untuk berubah, sejelek apapun aku saat ini, seburuk/separah apapun hidup perkawinan, keluargaku/komunitasku? Yuk kita tetap mau belajar untuk menjadi Ananias2 yang lain yang mendengarkan dan melakukan apa yang Tuhan mau dan merelakan diri menjadi alatNYA untuk mendoakan musuh2, membawa hidup yang baru serta memiliki kepenuhan Kasih Allah. BERKAH DALEM.

 

Renungan oleh RP. Sambodo, SS.CC.