Arti Spiritual Dibalik Bunga Poinsettia

Sebuah tanaman khas Natal yang populer sebenarnya memiliki kisah spiritual yang mendalam di baliknya.

Poinsettia adalah salah satu tanaman yang paling populer selama musim Natal dan sering terlihat mengisi tempat suci gereja di mana-mana. Anehnya, ada cerita indah di balik tanaman ini yang menunjukkan kenyataan spiritual yang lebih dalam. Poinsettia asli Amerika Tengah dan merupakan tanaman yang berbunga di musim dingin. Ada cerita Meksiko legendaris dari abad ke-17 tentang tanaman ini yang menghubungkannya dengan Natal.

Saat hari Natal mulai mendekat, seorang gadis Meksiko yang malang itu sedih karena dia tidak memiliki apa pun untuk diberikan kepada bayi Yesus. Sepupunya mencoba untuk menghiburnya dan mendorongnya untuk memberikan hadiah terkecil sekalipun dengan cinta yang besar.

Karena tidak tahu harus berbuat apa, gadis malang itu mengumpulkan beberapa tumbuhan rumput liar di pinggir jalan dan memasukkannya ke dalam buket bunga. Dia mendekati sebuah kandang Natal, sedikit malu, tapi yakin bahwa dia memberi Yesus yang terbaik yang bisa dia berikan. Setelah dia meletakkannya didepan palungan, rumput-rumput liar itu berubah menjadi poinsettia merah yang indah dan kemudian dikenal sebagai "Bunga Malam Kudus".

Kelopak bunga poinsettia yang berbentuk bintang itu melambangkan Bintang Betlehem dan warna merahnya berkaitan dengan darah pengorbanan Yesus. Para rahib Fransiskan di Meksiko mulai menggunakan poinsettia dalam prosesi Kelahiran Yesus dan seiring waktu tanaman tersebut diperkenalkan ke Amerika Serikat. Sejak saat itu telah menjadi pokok dekorasi Natal baik di gereja maupun rumah.

Diterjemahkan dari: https://aleteia.org/2017/12/11/poinsettias-and-their-surprising-spiritual-symbolism/