Mengapa Ditolak?

http://1.bp.blogspot.com/-U-hwQtljf6U/U7CJmHUVEMI/AAAAAAAAEe0/QRtEuK1V5ws/s1600/John+3+14+15.pngTanpa terasa kita telah memasuki, saat saat menjelang akhir persiapan kita untuk merayakan kebangkitan Tuhan Yesus. Beberpa koor dan petugas mulai giat berlatih, agar mampu tampil beda dan menarik serta berkesan. Juga Gereja gereja kesibukannya sangat meningkat. Kamar pengakuan dosa mulai diminati untuk dimasuki, pusat perbelanjaan mulai menawarkan walau tak semeriah Natal.

Bacaan hari ini mengajak dan menyadarkan kita bahwa KESELAMATAN/TERANG adalah semata mata RAHMAT atau PEMBERIAN dari ALLAH yang adalah GRATIS. Namun karena gratis inilah seringkali manusia TIDAK MEMBERIKAN perhatian, dan bahkan ada yang tidak mau menerimanya, karena tidak membutuhkan. Mereka yang menolak inilah yang lebih mencintai kegelapan dibandingkan dengan terang. Mereka yang berupaya untuk menutupi kebejatannya selalu menghindar dari terang itu, karena sifat terang adalah MEMBUKA dan BAHKAN MENELANJANGI, sehingga semuanya terbuka.

TERANG adalah YESUS yang karena kasih ALLAH diberikannya kepada kita. Kita diberi sarana untuk dapat memulihkan kembali kehilangan, ketidakberuntungan dan kesia siaan yang seharusnya bukan sebagai pilihan hidup kita namun ternyata kita hidupi. Maka Nikodemus sebagai tokoh yang datang kepada YESUS sang TERANG di waktu malam, merasakan dan diubahkan hidupnya. Maukah kita menerima pemberian diri yang total dari YESUS? Kalau itu memang cocok dan pas untuk kita kenapa ditolak? Maukah aku datang dan merasakan pemulihan berkat sakramen pengampunan? Semoga.