Rosary Walk KKIS - 27 Oktober 2018

Sudah menjadi suatu kebiasaan bagi teman-teman Legio Maria dalam bulan Rosario untuk mempersembahkan sebuah acara doa Rosario yang berbeda bagi umat KKIS. Setelah tahun lalu mereka menyelenggarakan Candlelight Rosary and Mass, tahun ini mereka menyelenggarakan acara Rosary Walk yaitu berdoa dan merenungkan kelima peristiwa dalam Rosario dengan mengunjungi lima gereja yang berbeda.

Acara di hari Sabtu, 27 Oktober yang lalu diawali dengan pendaftaran ulang dan makan bersama. Acaranya sendiri dimulai dengan Doa Pembuka yang dipimpin oleh RP. Sambodo, SS.CC. dilanjutkan dengan presentasi singkat mengenai Legio Maria yang ditutup dengan sebuah videoklip menarik tentang kegiatan dan pelayanan Legio yang beragam dan dinamis dari kelima presidia Indonesia dalam naungan KKIS.

Setelah selesai kemudian umat diajak untuk berdoa sejenak di St James Room Gereja Blessed Sacrament (BSC) disusul dengan renungan Peristiwa Gembira I di depan gua Maria di gereja yang sama. Meski cuaca cukup panas dan terik, umat yang mengikuti acara ini tetap antusias berjalan kaki dan menggunakan bus umum untuk menuju ke gereja berikutnya.

Kurang lebih sekitar pukul 1.30 siang, umat tiba di Gereja Sacred Heart untuk merenungkan persitiwa berikutnya. Beberapa dari umat bahkan baru menginjakkan kaki untuk pertama kali di gereja ini dan mengagumi keindahan arsitekturnya. Setelah berfoto bersama mereka melanjutkan acara ini dengan mengunjungi Gereja Our Lady of Lourdes di Ophir Road.

Seperti halnya gereja-gereja sebelumnya, umat memulai kunjungan gereja ini dengan berdoa rosario, merenungkan peristiwa-peristiwa yang ada dan setelah itu mengabadikan visitasi mereka ini dengan berfoto bersama baik diluar maupun dalam gereja. Hal yang sama kembali mereka lakukan ketika mengunjungi gereja keempat di Gereja Sts Peter and Paul (SPP) di Queen Street.

Akhirnya mereka mengakhiri “peziarahan” singkat mengunjungi gereja-gereja di distrik barat dan pusat ini dengan berdoa didepan arca Bunda Maria berwarna putih yang cantik di depan Cathedral of the Good Shepherd. Gedung Katedral Keuskupan Agung Singapura yang letaknya tidak begitu jauh dari gereja SPP, beberapa tahun yang lalu baru saja selesai dipugar ini menjadi destinasi terakhir Rosary Walk KKIS kali ini.

Meski acara ditandai dengan beberapa kendala – diantaranya pemutaran videoklip yang nyaris batal lantaran tidak kompatibel dengan beberapa laptop yang digunakan – dan juga beberapa halangan lain yang muncul, namun hal ini tidak mengurangi semangat partisipasi umat dan juga teman-teman Legio yang berdoa dan mendampingi mereka semua.

Akhir kata, atas nama teman-teman Legio sebagai koordinator acara ini, kami mengucapkan puji syukur kepada Tuhan dan terima kasih atas bantuan dan dukungan semua pihak terutama kepada Romo Sam yang dengan setia mendampingi mereka selama berada di Gereja BSC juga kepada Ibu Margaretha yang telah mempersiapkan hidangan makan siang pada hari itu juga kepada teman-teman Legio yang dengan rela meluangkan waktunya untuk membantu kelancaran acara ini. Namun tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada umat yang telah hadir karena tanpa anda semua kami tidak dapat menjalankan acara ini.

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh Panitia Rosary Walk – digabungkan oleh Redaksi Dombaku