Menjadi Lebih Kudus Melalui Legio Maria

Mungkin ada yang pernah mendengarnya, pernah mengikuti pelayanannya, bahkan pernah dilayani oleh mereka dalam suka dan dukanya hidup. Namun apakah Anda tahu apa arti dan tujuan sesungguhnya dari Legio Maria? Marilah sekarang kita menyimak wawancara kami degan sdr. Didik Hermansyah, salah seorang Ketua Presidium Legio Maria berbahasa Indonesia yang berpusat di Gereja St. Bernadette dan membahas tentang hal-hal diatas tadi. 

1. Apa sebenarnya Legio menurut definisi kamu sendiri?

Legio adalah unit kegiatan yang merupakan sekolah buat melatih kedekatan kita dengan Tuhan. Banyak unit-unit kegiatan di gereja, masing-masing punya fungsi sendiri-sendiri. Ada yang memberi informasi, ada yang memenuhi kebutuhan sakramental. Nah, kalo Legio lebih belajar step by step agar lebih dekat Yesus, atau biasa kita bilang "menjadi lebih kudus".

2. Bagaimana kesan menjadi anggota Legio?

Kesannya senang. Orang-orang-nya menyenangkan. Rajin-rajin. Juga di Legio bisa bertemu banyak orang, sehingga dapat belajar banyak dari orang-orang yang ditemui.

3. Apa saja suka dan duka menjadi anggota Legio?

Suka-nya, kalau berhasil menyelesaikan tugas besar Bersama-sama. Berasa kompak, berasa senang. Duka-nya, ya, tugas Legio KKIS kan banyak menjenguk orang-orang Indonesia yang berobat di Singapura. Jikalau kondisi mereka lagi jelek, lagi down, di situ berat-beratnya tugas kita. Mesti bisa menemani mereka dalam perjalanan berobat dari awal sampe akhir.

4. Bagaimana relevansi Legio dengan kondisi dunia sekarang ini?

Relevansi Legio sangat pas banget. Seperti yang kita ketahui, tahun ini Gereja menekankan agar umat untuk kembali lebih mengejar kekudusan pribadi. Ini sangat pas sekali dengan misi Legio. Dan dulu waktu awal-awal join Legio berasa kok banyak banget peraturan-peraturan di dalam Legio, tapi setelah dijalani, lama-lama sadar. Kadang dari penjelasan di Homili Romo, atau ikut CG, atau acara-acara lainnya ternyata aturan-aturan itu emang bertujuan mendisiplinkan kita melalui langkah-langkah sederhana dalam hidup kita sehari-hari agar kita bisa menjadi pengikut Kristus sepenuhnya yang melayani sesama dan siap diutus setiap saat.

Bagi yang berminat untuk bergabung dengan Legio Maria dan untuk mengetahui lebih lanjut silakan hubungi: Frans – 9726 3728; Felix – 9025 0720; Teddy – 9499 2449