Maria: Gadis Yang Menjadi Ibu Tuhanku

Halo saudara saudari yang terkasih, apakah kalian pernah mendengar tentang tarian bedhaya? Tarian bedhaya adalah tarian sakral yang dilakukan pada saat pelantikan raja di keraton Jogja dan Solo. Gadis yang akan menjadi penari diseleksi secara ketat mulai dari kemampuan menari hingga kebatinan yang kuat. Para gadis tersebut dijaga kemurniannya sampai hari “H” mereka menari untuk sang raja. Jikalau persembahan untuk raja Jogja dan Solo dipersiapkan dengan ketat, apalagi rahim gadis yang akan mengandung Raja semesta alam? Bukankah gadis itu akan lebih dijaga kemurniannya sampai hari “H” Raja tersebut dimuliakan?

Image result for immaculate conception stained glassItulah makna Bunda Maria dikandung tanpa dosa atau Immaculate Conception. Allah menghendaki seorang gadis untuk dijaga dari noda dosa karena Allah Bapa hanya mau menerima persembahan yang sempurna dan memberikan yang terbaik bagi Allah Putra yang akan lahir daripadanya. Allah Roh Kudus senantiasa menaungi Maria dengan bantuan dan bimbingan-Nya.

Lalu apakah makna dan relevansi Bunda Maria yang dikandung tanpa noda bagi kita? Tuhan menghendaki kita untuk menjadi suci seperti Bunda Maria. Kita yang telah ditebus dengan darah-Nya yang mahal diminta untuk memiliki hidup yang baru. Hidup yang mengalahkan dosa seperti hidup Bunda Maria.

Seperti Bunda Maria yang melahirkan Yesus ke dunia, kita juga diharapkan untuk menghadirkan Yesus di rumah, sekolah, kantor dan di mana pun kita berada. Di bulan Mei ini marilah kita mencintai Bunda Maria lebih dalam dan meneladani cara hidupnya yang sangat berkenan pada Allah.

Ditulis oleh: Arliando Setiadi