Proses Kanonisasi Tercepat Yang Pernah Dilakukan

Umumnya diperlukan waktu berabad-abad sebelum seorang yang hidupnya suci dinyatakan sebagai orang kudus dalam sebuah proses kanoninsasi. Meski beberapa orang suci seperti St. Teresa dari Kalkuta menikmati jalur cepat menuju kesucian, namun kanonisasi Bunda Teresa tidak secepat apa yang dialami oleh St. Petrus Martir atau Petrus dari Verona yang dikanonisasi pada bulan Maret 1253, kurang dari setahun setelah kematiannya yang kejam.

Pada zaman dahulu, proses kanoninsasi tidaklah begitu rumit seperti saat ini dimana beberapa proses investigasi diperlukan untuk mengecek latar belakang kandidat, tingkat kekudusannya dan legitimasi mukjizat yang terjadi berkat perantaraan kandidat ini, meski zaman dahulupun proses menjadi seorang kudus tidak begitu mudah terjadi. Proses kanonisasi terjadi pertama kali di tahun 993 dimana Paus pertama kali mengkanonisasi seorang kudus.

Petrus lahir di tahun 1205 di sebuah daerah di Italia Utara bernama Verona dimana kekacauan politik dan konflik kekerasan seringkali terjadi yang diakibatkan oleh karena pergesekan antara Gereja Katolik dengan beberapa sekte agama yang sesat seperti sekte Kathar. Walaupun memiliki kerabat yang mengikuti ajaran Kathar yang sesat, namun keluarga Petrus mendidiknya dalam ajaran agama Katolik yang benar. Ia akhirnya menuntut ilmu di Universitas Bologna dan ditahbiskan menjadi imam Dominikan di tahun 1228. Dengan orasinya yang ulung, Petrus akhirnya mendapatkan pendukung-pendukungnya yang sejati dan juga lawan-lawannya diantaranya adalah penganut sekte Kathar yang memang berencana ingin mengenyahkannya.

Rencana mereka ini berhasil, ketika seorang pembunuh yang berasal dari sekte Kathar memotong kepala Petrus dengan sebuah clurit bersama dengan seorang imam Dominikan lainnya yang wafat beberapa hari setelah meninggalnya Petrus. Pembunuh Petrus yang bernama Carino dari Balsamo berhasil melarikan diri dan akhirnya bertobat menyesali kesalahannya dan masuk biara Dominikan menjadi seorang anggota awam Dominikan sampai akhir hayatnya.

Pada tanggal 9 Maret 1253, Paus Innosensius IV mengkanonisasi Petrus dari Verona hanya 337 hari setelah kematiannya. Rekor sebelumnya dipegang oleh seorang kudus terkenal yaitu St. Antonius dari Padua yang dikanonisasi 352 hari setelah kematiannya. St. Petrus dari Verona dikebumikan di Basilika St Eutorgius di Milan. Hari kematian St Petrus dari Verona pada 6 April umumnya tidak dirayakan berhubungan dengan Paskah oleh karenanya pestanya dimundurkan menjadi tanggal 29 April. St Petrus dari Verona menjadi pelindung orang sakit kepala berkepanjangan. St Petrus Verona doakanlah kami.

https://aleteia.org/2018/04/19/who-holds-the-guinness-record-for-fastest-track-to-canonization/